Mengapa Kopi dari Temanggung Jadi Kopi Terbaik di Dunia?

By Rachmad Hidayat 15 Nov 2020, 07:46:02 WIB Ekonomi
Mengapa Kopi dari Temanggung Jadi Kopi Terbaik di Dunia?

Mengapa Kopi dari Temanggung Jadi Kopi Terbaik di Dunia – Kopi Arabika (Coffea arabica) merupakan salah satu tanaman perkebunan yang menjadi produk ekspor unggulan di Indonesia. Secara spesifik, kemudian komoditi perkebunan ini menjadi komoditi utama dan unggulan di  Kabupaten Temanggung yang berada di Dataran Tinggi Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau. Luas areal pertanaman kopi arabika di ketiga daerah ini mencapai lebih dari1.429,48 Ha dengan rincian tanaman belum menghasilkan (TBM) 372,59 Ha, tanaman menghasilkan 1.048,57 Ha, tanaman tua/rusak (TT/TR) 8,32 Ha, dengan jumlah petani 8.559 orang, total produksi 991,63 Kg, dengan produktivitas/rata-rata produksi 945,70 Kg ose/Ha/Thn (data sampai dengan November 2012). Adapun potensi areal kopi arabika di Kabupaten Temanggung tersebar di 10 Kecamatan, meliputi : Kecamatan Parakan seluas 38,75 Ha, Kecamatan Bulu seluas 170,86 Ha, Kecamatan Tembarak seluas 20,00 Ha, Kecamatan Kaloran seluas 9,00 Ha, Kecamatan Ngadirejo seluas 81,70 Ha, Kecamatan Candiroto seluas 96,93 Ha, Kecamatan Tretep seluas 293,00 Ha, Kecamatan Kledung seluas 578,09 Ha, Kecamatan Bansari seluas 40,45 Ha, Kecamatan Tlogomulyo seluas 5,00 Ha, Kecamatan Selopampang seluas 49,00 Ha, Kecamatan Wonoboyo seluas 46,70 Ha, prosentase tanaman menghasilkan + 73 % (tanaman berproduksi).

Komoditi perkebunan Kopi Temanggung ini kemudian menjelma menjadi “soko guru” alias penopang utama perekonomian di daerah Temanggung dengan topografi pegunungan berhawa sejuk ini. Produk Domestik Regional Brutto (PDRB) terbesar bagi daerah ini dihasilkan produk kopi arabika yang saat ini sudah banyak dikenal oleh konsumen manca negara baik di daratan Eropa, Amerika maupun Asia.

Kopi arabika asal daerah Temanggung Jawa Tengah ini yang kemudian dikenal dengan identitas geografis sebagai Kopi Sumbing, Kopi Sindoro, Kopi Prau yang semuanya adalah kopi Arabika Temanggung ini, sekarang sudah mampu bersaing dengan kopi arabika yang dihasilkan oleh negara-negara di benua Afrika, Amerika latin (khususnya Bazil) dan beberapa negara Asia seperti Vietnam dan Thailand  di pasar kopi dunia. Belum lagi ditambah persaingan ketat dengan saudara sebangsa yakni kopi gayo dari Aceh. Tak heran pula kopi Arabika asal Temanggung Juara 1 dunia di Swedia, dua kali berturut-turut. Bahkan disusul kopi robusta Temanggung tiga kali berturut-turut juara nasional dan ketiganya dari kecamatan yang berbeda.

"PELUANG USAHA KOPI TEMANGGUNG, HANYA MODAL Rp.160.000,- ANDA BISA JUALAN KOPI TEMANGGUNG KUALITAS TERBAIK."

GABUNG SEKARANG




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 22 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment